Dicari! Guru Matematika di Republik Seychelles


detiknews.com - Victoria - Jika Anda merasa ahli dalam ilmu matematika atau ilmu sains, mungkin Anda bisa mencoba mengadu nasib untuk menjadi tenaga pendidik di negara Republik Seychelles. Sebab, negara kepulauan yang terletak di Benua Afrika ini sangat membutuhkan tenaga guru matematika dan ilmu sains.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendidikan, Ketenagakerjaan dan Pengembangan SDM Republik Seychelles, Marina Confait saat menggelar pertemuan dengan Kepala Badan Nasional Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNPTKI) Jumhur Hidayat di ibukota Republik Seychelles, Victoria, Kamis (14/12/2011).

Tenaga pengajar matematika dan sains ini, dibutuhkan oleh Seychelles baik tingkat dasar atau pun sampai tingkat perguruan tinggi. Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk cuma sekitar 80 ribu saja, Seychelles mengaku sangat kekurangan tenaga pendidik.



Berapa upah untuk menjadi seorang guru di Seychelles? Untuk sekolah tingkat dasar, tenaga asing yang bersedia menjadi guru di negara, yang beberapa waktu lalu sempat dijadikan tempat bulan madu Pangeran William dan Kate Miidelton ini, berani menggaji 7.000 Rupee Seychelles, atau setara dengan Rp 5 juta. Semakin tinggi tingkat anak didik yang diajar, maka semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan oleh para guru.

Marina mengatakan, kurikulum yang digunakan di semua sekolah di Seychelles adalah kurikulum berbahasa Inggris. Sehingga, dalam mengajar nanti, para guru dipastikan harus menggunakan Bahasa Inggris.

"Kurikulum kita semuanya menggunakan Bahasa Inggris," imbuhnya.

Selain membutuhkan tenaga guru, Republik Seychilles juga membutuhkan tenaga-tenaga terampil di bidang IT, bidan, dan trainer. Di samping juga tentunya tenaga di bidang pariwisata, khususnya perhotelan.

Menanggapi hal ini, Kepala BNP2TKI berjanji akan segera memfollow up. Sebab, menurutnya, saat ini Indonesia memiliki banyak tenaga terdidik yang mampu disalurkan dalam berbagai sektor lapangan pekerjaan di Seychelles. Jumhur bercerita, dulu pada tahun 1980-an, Indonesia juga melakukan hal yang sama, mengirimkan para guru ke negara tetangga, Malaysia.

"Tahun 1980-an, kita juga mengirimkan para guru ke Malaysia," kata Jumhur.

Selain letaknya yang strategis yang menghubungkan dengan negara-negara Afrika, Seychelles berada sekitar 1.600 kilometer sebelah timur daratan Afrika dan timur laut Madagaskar. Penduduk Seychelles diperkirakan 88 ribu jiwa yang mewakili keragaman etnis seperti Eropa, Arab, China, India, dan dari sejumlah negara Asia lain.

Pendapatan per kapita penduduk Seychelles sendiri sebesar 27 ribu dolar AS atau sembilan kali dari pendapatan per kapita penduduk Indonesia dalam setahun. Untuk jumlah tenaga kerjanya mencapai 40 ribu orang dan sekitar 10 ribu terhitung tenaga kerja asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar