Jelang KLB, Utusan AFC Datangi Indonesia


VIVAnewsAnggota Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) Hardi Hasan mengatakan, utusan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan melihat langsung kondisi sepakbola Indonesia usai tahun baru 2012. Rencana AFC mendatangi Indonesia tak lepas dari adanya laporan soal rencana menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang disampaikan oleh KPSI.

"Kami secepatnya akan mengirim utusan ke Zurich, Swiss (markas FIFA) untuk menyerahkan data dan fakta desakan KLB kepada PSSI. Yang sudah dipastikan, AFC confirm akan datang ke Indonesia usai tahun baru. Sebetulnya, baik AFC maupun FIFA sudah kami kirimi surat dan dokumen lain soal KLB," ujar Hardi dalam diskusi sepakbola yang digelar di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.Dalam diskusi refleksi akhir tahun bertajuk Perjalanan PSSI, Seputar Kisruh dan Pasca Kongres Hingga Saat Ini, Hardi menjelaskan upaya menggelar KLB tersebut kini sudah sampai kepada tahapan persiapan penyelenggaraan. Ia memastikan FIFA dan AFC sebagai rumah dari PSSI, akan memberikan lampu hijau bagi KPSI untuk menyelenggarakan KLB.

"Saya yakin mereka merestui. Tentu, mereka juga ke Indonesia untuk melakukan verifikasi berkas 452 anggota. Silakan, kami dengan terbuka akan menyerahkan. Saya kira PSSI juga harusnya seperti itu. Jangan cari pembenaran tanpa ada klarifikasi dulu. Menyebut ini tidak sah dan lainnya, tanpa melihat sebelumnya," ujar Hardi.

Menurut Ketua Pengprov PSSI Jakarta tersebut, persoalan KLB dan agenda besar menurunkan kepengurusan Djohar Arifin Husin saat ini tak bisa ditunda-tunda lagi. Dalam waktu 4 bulan memimpin PSSI, kepengurusan PSSI saat ini dinilai telah melenceng jauh dari harapan anggotanya.

"Mereka (PSSI) bicara baru 4 bulan bekerja. Tapi bagi kami, 4 bulan itu sudah terlalu lama jika kondisinya seperti ini. Jangan bilang baru 4 bulan jika Ketua Umumnya banyak penyimpangan. Ini sudah kronis dan harus segera diganti," tegas Hardi.

"Pemimpin nanti harus bisa meluruskan apa yang sudah bengkok, dan bisa menyatukan apa yang saat ini terpecah-pecah. Pemimpin nanti harus tidak terbelenggu sisi politik dan kepentingan kelompok. Sekarang ini saya kira masih ada orang-orang seperti itu. Yang sekarang diturunkan, ganti dengan pemimpin yang lebih amanat," tutur Hardi.

KPSI memutuskan untuk segera menggelar KLB setelah menyatakan diri mengambil alih mandat kepengurusan PSSI. Rencananya, KLB akan digelar pada 6 Maret 2012 di Surabaya, Jawa Timur. (umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar