Yoghurt dan Jahe Bikin Pencernaan Sehat


Yoghurt dan Jahe Bikin Pencernaan Sehat
detikfood.comJakarta - Sistem pencernaan bekerja untuk mencerna hampir semua jenis makanan. Jenis dan pengolahan makanan sangat mempengaruhi kerja sistem pencernaan. Sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan membuat pencernaan lebih sehat. 

Perut kembung atau sering mual setelah makan. Bisa jadi makanan yang Anda makan membuat pencernaan bekerja tidak semestinya. Misalnya, daging berlemak yang membuat pencernaan berkerja ekstra. Berikut adalah makanan yang sebaiknya dimakan agar sistem pencernaan tetap sehat.

Yogurt
Minuman ini memiliki triliunan bakteri yang dapat membantu usus mencerna makanan. Tapi tidak semua yoghurt memiliki bakteri sehat, sebaiknya periksa label makanan sebelum membeli. Dr Mc Cashland mengatakan 'yoghurt memiliki bakteri yang dapat membantu sistem pencernaan sehingga menjadi sehat'.

Kimchi
Kimchi merupakan makanan favorit orang Korea, biasanya terbuat dari kubis, lobak atau bawang yang dicampur dengan rempah-rempah. Jika makan kimchi kubis dan bawang maka bahan tersebut akan mmebuat bakteri sehat tumbuh di dalam usus besar. Kubis merupakan jenis serat yang tidak mudah dicerna, sehingga dapat membantu memperlancar buang air besar.

Daging dan Ikan
Jika ingin makan daging sebaiknya pilih bagian yang tidak ada lemaknya. Untuk daging ayam, pilih daging ayam yang tanpa kulit. Daging dan ikan tanpa lemak akan menurunkan resiko kanker usus besar.

Biji-bijian Utuh
Bijian-bijian seperti roti gandum, sereal, dan beras merah merupakan sumber serat yang baik yang dapat membantu bekerjanya sistem pencernaan. Serat juga dapat membantu merasa kenyang dan kandungan kolesterolnya sangat rendah, tetapi dapat menyebabkan kembung. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan biji-bijian dan juga tidak baik bagi mereka yang alergi gluten dan menderita penyakit geliac.

Pisang
Pisang membantu memulihkan kerja usus menjadi normal, terutama jika mengalami diare. Buah ini akan mengembalikan elektrolit dan kalium yang mungkin hilang akibat tinja yang berlendir. Pisang memiliki banyak serat untuk membantu pencernaan.

Jahe
Rempah-rempah ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk meredakan mual, muntah, mual, mabuk dalam perjalanan, kembung, dan kehilangan nafsu makan. Makan jahe 2 hingga 4 gram per hari bisa menyebabkan mulas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar