Wow! 3 Kuintal Paku Dikumpulkan dari Jalanan Jakpus Selama 5 Bulan


detiknews.comJakarta - Aksi ranjau paku di Jakarta semakin merajalela. Buktinya, sejak Agustus 2011 hingga kini telah ditemukan sekitar 3 kuintal paku, khusus di jalanan di wilayah Jakarta Pusat saja.

Aksi pengumpulan paku ini dilakukan oleh relawan yang tergabung dalam Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber) Comunity. Tiga kuintal paku hasil sapu bersih itu dipamerkan di Jl KH Hasyim Asyari, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2012).Ketua Saber Comunity, Siswanto, menjelaskan, 3 kuintal paku itu dikumpulkan dari beberapa titik di Jakarta Pusat. Mulai dari flyover Roxi, Harmoni, Jl Medan Merdeka Utara dan Jl Majapahit. Jalanan yang disapu bersih kurang lebih 4 km.

"Jakarta Pusat memang biangnya paku," kata Siswanto, pekerja di pabrik pembuatan marmer ini.

Dari 3 kuintal paku yang dipamerkan, tampak paku dari berbagai ukuran, mulai 1 cm sampai 5 cm. Paku pun kebanyakan tampak masih lurus, meski sudah berkarat. Sebagian juga ada jeruji payung yang sengaja dipotong miring, hingga kedua ujungnya menjadi tajam.

"Yang kita temukan paling banyak ukuran 3 cm. Pakunya baru-baru karena memang sengaja dibeli lalu disebar," kata Siswanto yang menduga tambal ban liar sebagai bagian dari sindikat ranjau paku itu.

Dia menceritakan, untuk mengumpulkan paku-paku tersebut relawan menggunakan magnet. "Kelihatan kok dengan mata telanjang. Tapi kalau diambil satu-satu, berjam-jam juga nggak kelar," ujarnya.

Siswanto menyesalkan sikap Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang menurutnya abai terhadap ranjau paku, meski sudah banyak paku yang ditemukan.

"Kalau mau serius sih sebenarnya gampang, tinggal suruh aja Satpol PP, beres kok," keluh Siswanto.

Siswanto menjelaskan, Saber didirikan pada Agustus 2010 dengan keprihatinan bersama para anggota terhadap ranjau paku yang semakin merajalela. Saber kini memiliki 11 anggota tetap dan duapuluhan simpatisan.

"Anggota kami ada orang kantoran, sopir, dan tukang ojek," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar