detiknews.comJakarta - Sebatang pohon bodhi (Ficus Religiosa L) yang ditanam Soeharto tumbang. Pohon sebelumnya berdiri di halaman depan kediaman pribadi Soeharto di Jl Cendana, Menteng, Jakarta Pusat, itu dipindahkan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Pohon itu bersejarah karena yang menanam itu Pak Harto dan Jenderal Jono Mardiani. Menanamnya pada tahun 1970 dan pakai adat Jawa. Pohon itu dibawa ke TMII atas perintah Bu Mamiek (putri Alm. Soeharto) dengan persetujuan keluarga," kata seorang pekerja di kediaman Soeharto, di Jl Cendana, Jakarta Pusat.Menurutnya, pemindahan pohon yang tumbang pada Kamis (5/1) lalu tersebut ke TMII bukan untuk ditanam kembali. Melainkan diukir untuk kemudian disimpan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII.

"Pohon tumbang karena sudah tua, akar tunggangnya sudah keropos. Sebenarnya kalau enggak keropos mau ditanam lagi," ujarnya.

Proses pemindahan pohon itu ke TMII berlangsung pada sore hari ini, Sabtu (7/1/2012), menggunakan truk trailer berdaya angkut 4 ton. Maklum saja, ukuran pohon tersebut sedemikian besar dan berat. 

Ketika ditanya apakah ada hal yang mistis tentang pohon itu, tukang kebun tersebut membantah. "Enggak, aman-aman saja. Ini kan pohon yang ada di vihara-vihara. Manfaatnya pasti ada tapi bapak (Pak Harto) yang tahu," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar