Ketegangan Warnai Pemakaman TKI Yuyun


VIVAnews – Jenazah Yuningsih binti Mahpud (Yuyun), Tenaga Kerja Indonesia asal Sukabumi yang bekerja di Yordania selama dua tahun, baru bisa dimakamkan pada pukul 24.00 WIB tadi malam.

Pemakaman Yuyun terhambat alotnya negosiasi tuntutan keluarga almarhum terhadap PT. Trisual Bintang Mandiri (TBM) yang memberangkatkan almarhum ke Yordania pada 2009 lalu. Keluarga korban juga menuntut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kemenakertrans untuk bertanggung jawab atas tewasnya Yuyun.Negosiasi antara keluarga korban dengan PT. TBM, BNP2TKI, dan Kemenakertrans, dimediasi oleh Kapolsek Sukaraja, Sukabumi. Pihak keluarga alharhum sempat mengancam utusan dari ketiga instansi tersebut, agar ketiganya bersedia bernegosiasi dengan mereka.

“Kami sekeluarga menuntut 3 hal pada bapak-bapak yang datang ke sini. Jawaban atas ketiga tuntutan kami harus jelas malam ini juga. Kami tidak terima keluarga kami dipulangkan dalam kondisi [tewas mengenaskan] seperti ini. Almarhum Yuyun juga manusia seperi Anda semua. Bila jawaban tidak dapat diputuskan malam ini, maka jenazah Yuyun tidak akan dimakamkan dan Bapak-bapak tidak bisa pulang dari tempat ini,” ancam Aris, ipar korban, Kamis malam 29 September 2011.

Suasana tegang tampak di wajah perwakilan PT. TBM Diki Juhendi, BNP2TKI Fitroh Anggoro, Kemenakertrans Oscar Abdulracman, dan Kapolsek Sukaraja Kompol Warsito. Terlebih, puluhan keluarga korban dan warga setempat mengepung mereka sejak mereka tiba. Mereka diarahkan masuk ke rumah bilik yang terletak persis di depan kediaman alharhum.

Syukurlah kesepakatan akhirnya tecapai berkat kepiwaian Kapolsek Sukaraja memediasi dan menenangkan kedua belah pihak. Usai penandatanganan kesepakatan tertulis hitam di atas putih, warga dan keluarga akhirnya langsung bergerak membawa jenazah Yuyun untuk dimakamkan.

Lewat tengah malam atau dini hari tadi, 30 Desember 2011, almarhum Yuyun dimakamkan di pemakaman umum yang berjarak sekitar 500 meter dari kediamannya. Liang lahat yang sudah disiapkan sejak pukul 09.00 WIB pagi kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar