18 Imigran Gelap Afghanistan & Pakistan Ditangkap Polresta Dumai


detiknews.comPekanbaru - Jajaran Polres Dumai berhasil menangkap 18 imigran gelap asal Afganistan dan Pakistan. Mereka ditangkap kapal Patroli milik Mabes Polri di perairan Dumai, Riau.

"Yang menangkap mereka kapal Patroli Mabes Polri, KP Puyuh yang selanjutnya diserahkan ke Polresta Dumai. Saat ini mereka masih kita lakukan pemeriksaan, untuk selanjutnya kita serahkan ke Imigrasi," terang Kasatpolair Polres Dumai, AKP Wilson Butarbutar kepada wartawan, Jumat (27/01/2012). 

Menurutnya, 18 imigran gelap ini terdiri dari 15 warga Afghanista dan 3 Pakistan. Mereka ini masuk peraiaran Dumai, setelah sebelumnya berangkat dari Malaysia.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah mengamankan dua orang warga negara Indonesia yang membawa para imigran gelap ini. Keduanya merupakan kapten kapal dan ABK, yang dengan sengaja membawa para imigran dari Malaysia."Tekong yang kita tahan berinisial Dn (36) dan ABK berinisial Bl (22). Mereka merupakan warga Kabupaten Bengkalis yang membawa imigran gelap dari Negeri Sembilan Malaysia," tambahnya.

Kepada petugas, salah seorang imigran asal Pakistan bernama Raza mengatakan, bahwa dirinya memiliki tujuan akhir ke Australia. Awalnya Raza dari Pakistan menunju Thailand.

Sampai di sana, melanjutkan perjalanan menuju Malaysia. Kabarnya, mereka dipungut oleh calo yang mengaku agen dan berjanji akan mengantarkan mereka ke Australia. Tiap orangnya dimintai dana US$ 3400 per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar