Susu Organik vs Susu Biasa, Mana yang Lebih Enak?


Susu Organik vs Susu Biasa, Mana yang Lebih Enak?
detikfood.comJakarta - Sejak tahun 80an dan 90an iklan produk susu selalu menyebut susu sangat baik untuk kesehatan. Saat itu belum banyak pilihan produk susu. Kini, produk susu sangat beragam diantaranya produk susu organik. Manakah yang lebih baik? 

Dua puluh tahun yang lalu produk susu yang dipasarkan cenderung memiliki kualitas yang sama. Dengan berkembangnya teknologi berbagai pilihan susu seperti susu tanpa lemak, susu rendah lemak dan lainnya. Anda juga pasti akan bertanya-tanya, mana susu yang baik?Untuk memilih susu bukan hanya mengetahui jumlah kalori yang didapat, tetapi juga harus memilih susu yang aman dikonsumsi. Hal ini untuk mencegah agar tidak mengalami alergi atau harus melihat daftar komposisi untuk pertimbangan diet.Salah satu pilihan produk susu yang telah tersedia saat ini adalah produk susu organik. 

Susu organik dan susu biasa memiliki kualitas yang berbeda. Selain itu dari segi hargapun lebih tinggi susu organik dibandingkan susu biasa. Untuk mengetahui perbedaan rasa mana yang lebih enak? Susu organik atau susu non organik, perlu dilakukan uji rasa agar mendapatkan hasil yang benar.

Sapi perah yang menghasilkan susu organik jika sedang sakit perlu diobati dengan antibiotik, dan sapi yang sakit tidak boleh digabungkan dengan sapi-sapi yang lainnya setelah 12 bulan bebas dari antibiotik. Sedangkan, sapi perah yang tidak menghasilkan susu organik dapat dikembalikan ke kandangnya kembali setelah mendapatkan pengobatan setelah sakit.

Untuk makanannya sapi organik harus diberikan rumput dan makan langsung di padang rumput. Sapi organik tidak boleh disuntik hormon BGH, yang umumnya digunakan untuk meningkatkan produksi susu segar pada sapi perah biasa. Suntik hormon ini akan menghasilkan insulin untuk pertumbuhan, yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia jika pemberian obat pestisida berlebihan.

Sementara susu sapi biasa tidak memiliki aturan untuk pemberian obat pestisida. Untuk merasakan cita rasa susu organik dan susu biasa, sebanyak 24 orang mencicipi dua jenis susu ini. Hasilnya sebanyak 56 persen dari 24 orang mengatakan lebih menyukai rasa dari susu organik dibandingkan dengan susu biasa.

Para responden yang mencicipi susu mengatakan, susu organik memiliki rasa yang netral, lebih enak, lebih pekat, dan rasanya lebih halus. Sedangkan susu reguler rasanya biasa, lebih encer, lebih kompleks, rasanya sedikit seperti plastik dan sedikit asam. 

Sebenarnya kedua susu ini tidak memiliki perbedaan yang besar, meskipun banyak orang yang menghabiskan uang untuk membeli susu organik karena rasanya yang sedikit lebih enak. Jadi susu mana yang anda pilih? Semua tergantung selera dan kantong!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar