Bibir Bengawan Solo Longsor, Warga Resah



VIVAnewsTanah di tepian sungai Bengawan Solo, tepatnya di Gang Patmo Kelurahan Banjarejo, Bojonegoro, Jawa Timur, mulai longsor. Longsoran tersebut mengancam beberapa rumah yang terletak di tepi sungai.

Sebuah rumah telah menjadi korbannya. Rumah yang berada paling dekat bibir sungai milik Rifai amblas di bagian dapur. Enam rumah lainnya yang berdekatan juga terancam amblas. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi Minggu 22 Januari 2012 tersebut.
Longsor telah terjadi pada pagi hari tadi, tepatnya sekitar pukul 04.00 WIB. Longsor kedua terjadi selang satu jam. Disusul kemudian oleh longsor ketiga pukul 06.30 WIB.

Longsor disebabkan oleh terkikisnya tepian tanah oleh air Bengawan Solo yang sejak beberapa hari lalu pasang. Salah seorang warga yang rumahnya terancam amblas, Sunari, mengatakan longsor tepian sungai berangsur-angsur terjadi selama sepekan terakhir.

Tanah longsor tersebut diperkirakan mencapai kedalaman 20-30 meter dari permukaan air Bengawan Solo. Sementara luasnya yang ambrol mencapai 5 meter. 

Sunari menambahkan, warga setempat resah setelah melihat kondisinya longsor yang parah. Warga takut lonsor merembet ke tanah-tanah sekitar sungai. Pasalnya, untuk saat ini jarak rumah ke rumah sangat dekat. Jika hujan deras turun, dikhawatirkan tanah akan kembali amblas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar