Mengapa Orangtua Perlu Mendongeng?




wordpress.com, Di zaman yang serba sibuk ini, orangtua seolah tidak memiliki banyak waktu untuk anaknya, termasuk mendongeng. Padahal, mendongeng memiliki banyak manfaat yang sangat sayang dilewatkan oleh para orangtua di seluruh dunia.
Sayang sekali, saat ini dongeng mulai tersisihkan oleh mainan-mainan modern yang sangat menghabiskan waktu si Kecil. Pada malam hari, ketika seharusnya si Kecil mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtuanya, ia malah susah disuruh tidur karena sedang asyik bermain playstation.
Padahal, bermain playstation sebelum tidur bukanlah kebiasaan yang baik. Apalagi jika permainan yang mereka mainkan mengandung unsur kekerasan, maka adegan-adegan kekerasan itu akan terbawa saat ia tidur, terbayang dalam mimpinya. Ini akan membuat anak terbiasa dengan kekerasan. Lebih jauh, ia akan terbiasa melakukan kekerasan!
Kembali ke masalah dongeng. Memang, mendengarkan dongeng tidak lantas membuat seorang anak menjadi pintar. Tapi, anak yang rutin didongengkan oleh orangtuanya biasanya memiliki beberapa kelebihan, dan satu hal yang pasti adalah kelebihan dalam berbahasa. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri dengan mengamati anak yang terbiasa didongengkan oleh ayah atau ibunya.
Lalu, apa saja manfaat dongeng bagi anak-anak? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Merangsang imajinasi dan kreativitas
  • Mengembangkan kecerdasan berbahasa anak
  • Meningkatkan keterampilan berpikir
  • Mengembangkan emosi
  • Menanamkan nilai moral dan etika
  • Memperkuat ikatan emosional dengan orangtua
  • Ajang relaksasi atau hiburan
Setelah mengetahui manfaat tersebut, tentu sekarang Anda tidak ragu lagi untuk lebih rajin dalam membacakan dongeng untuk putra-putri Anda, bukan? :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar