Flu Burung Kembali Menelan Korban


Flu Burung Kembali Menelan Korban
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) mengumumkan satu kasus baru H5N1 yang telah dikonfirmasi oleh Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbang Kesehatan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika, kasus tersebut menimpa balita perempuan AS (5 tahun) warga Tanjung Priok, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta. AS ditemukan tim surveilans saat melakukan investigasi di wilayah tersebut pada 7 Januari 2012. 

Ia mengalami gejala demam sehari sebelumnya. Ia kemudian dirujuk ke RSUP Persahabatan. AS langsung mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi sesuai dengan tata laksana pemeriksaan suspect flu burung.Pada 13 Januari 2012, penderita mengalami sesak nafas, dan dilakukan tindakan medis sesuai prosedur. Dari hasil pemeriksaan /Polymirasea Chain Reaction  (PCR), pasien dinyatakan positif terinfeksi virus H5N1. Karena kondisinya semakin menurun, akhirnya pasien meninggal pada 16 Januari 2012 sekitar pukul 02.00.

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi ke rumah penderita dan lingkungan sekitar oleh Tim Terpadu Kemenkes dan Dinas Kesehatan setempat, diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan sering dibawa ke bengkel tempat kerja PD (pasien positif flu burung). Di tempat tersebut terdapat burung merpati.

 Ia sering diajak ke peternakan burung merpati milik teman PD. Ia juga sering diberi makanan tanpa cuci tangan setelah memegang merpati. Dengan bertambahnya satu kasus ini, jumlah kumulatif flu burung di Indonesia sejak 2005 sampai berita ini disiarkan adalah 184 kasus deng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar