Taman Nomad, Alternatif Wisata di Kota Sangatta, Kaltim

Monumen Nomad 

detik.com, Taman Nomad yang berada di dalam kawasan Bukit Pelangi, Kalimantan Timur, memiliki lokasi yang strategis. Pemandangannya yang indah dan alamnya yang sejuk, menjadikan taman kota ini sebagai alternatif wisata bagi warganya saat akhir pekan.
Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, terkenal karena keberadaan PT Kaltim Prima Coal sebagai perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia, tentunya banyak dari pekerjanya yang berasal dari luar Kalimantan. Bekerja di tempat yang jauh dari keluarga pasti sangat membutuhkan tempat untuk bersantai dan menenangkan pikiran.
Sebagai kota yang mayoritas warganya sangat bergantung dengan perusahaan pertambangan ini ternyata juga memiliki beberapa tempat wisata yang sangat bagus, baik wisata pantai di Teluk Lombok, Taman Nasional Kutai dengan orang utannya, pesona budaya di Wehea, Kong Beng dan Telen serta Busang, serta kawasan Karst Kutai Timur dengan ragam gambar prasejarahnya yang semuanya rata-rata cukup jauh dari Kota Sangatta.
Lalu, bagaimana dengan yang tinggal di Kota Sangatta dan tidak memiliki waktu banyak untuk berlibur?
Untuk melepas kepenatan sembari rekreasi bersama keluarga sekaligus berolahraga, ternyata terdapat sebuah taman kota yang saat ini telah menjadi alternatif tujuan wisata, khususnya bagi warga kota Sangatta. Letaknya yang relatif dekat dengan kota, atau tepatnya berada dalam kawasan Pusat Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur, yaitu Taman Nomad.
Taman Nomad, begitu taman ini dinamakan karena taman ini memiliki sebuah monumen pesawat intai Angkatan Laut yang sudah tidak digunakan lagi. Dan, bekas pesawat itu ditempatkan secara khusus di tengah taman.
Saat sore hingga menjelang malam hari, biasanya banyak warga yang mengunjungi taman ini. Kebanyakan dari mereka biasanya hanya ingin sekadar bersantai bersama keluarga sambil berolahraga sekaligus melepas kepenatan setelah seharian melakukan aktifitas.
Letaknya yang sangat strategis dengan askes yang sangat baik menjadikan taman ini sebuah tempat terbaik di Sangatta untuk menikmati tenggelamnya sang mentari. Berkat keindahan, lokasinya yang strategis dari Kota Sangatta, dan udaranya yang sejuk, bukan hanya weekend tapi juga sore saat hari kerja banyak warga yang jalan-jalan dan bersantai di Taman Nomad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar