Anak Sering Dikira Hiperaktif Cuma Karena Kurang Dewasa


img
detik.comJakarta, Tidak mudah untuk menjatuhkan diagnosis gangguan hiperaktivitas pada anak. Sebagian dokter salah mendiagnosis, dikira hiperaktif namun ternyata hanya karena memang lebih muda dari teman sepermainan sehingga perilakunya belum dewasa.

Kesalahan diagnosis ini kadang-kadang memicu perawatan atau bahkan pengobatan yang tidak perlu. Padahal tanpa harus minum obat, pada saatnya nanti anak-anak tersebut pasti akan tumbuh dewasa dan dengan sendirinya perilakunya akan kembali normal.

Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang banyak dialami anak usia prasekolah. Bila tidak diterapi atau diobati, kadang-kadang gangguan ini memang sangat mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah.
Richard L Morrow, seorang ahli kejiwaan dari University of British Columbia melakukan penelitian untuk menilai kesalahan diagnosis pada gangguan ini. Untuk keperluan tersebut, ia mengamati 9.000 anak-anak usia prasekolah di British Columbia.

Dalam penelitian tersebut, Morrow membandingkan perilaku anak-anak yang lahir pada bulan Desember dengan yang lahir bulan Januari pada tahun yang sama. Anak-anak yang lahir bulan Desember tentunya lebih tua hampir 1 tahun dibandingkan dengan anak yang lahir bulan Januari.

Hasil pengamatan menunjukkan, anak laki-laki yang lahir bulan Desember 30 persen lebih sering didiagnosis GPPH dibanding teman sekelasnya yang lahir bulan Januari. Demikian juga pada anak perempuan, lahir di bulan Desember membuat kelompok ini 70 persen lebih sering didiagnosis GPPH.

"Ini jelas menunjukkan, dalam beberapa kasus ketidakdewasaan sering disalahartikan sebagai hiperaktivitas dan ini menjadi peringatan tentang adanya overdiagnosis," kata Morrow seperti dikutip dari Webmd, Selasa (6/3/2012).

Menurut Morrow, anak yang kurang dewasa cenderung butuh perjuangan yang lebih keras saat memahami materi pelajaran. Semangat yang lebih tinggi ini kadang-kadang membuat perilakunya menjadi lebih hiperaktif, sehingga dikira mengalami gangguan tumbuh kembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar