'New iPad ' Terancam Tablet Android & Windows 8



detik.comSan Francisco - Apple masih berstatus sebagai raja komputer tablet, dengan total unit terjual di kisaran 50 juta unit. Namun tantangan dari rival semakin besar meskipun kini mereka sudah mengeluarkan iPad generasi terbaru. 

Penambahan fitur cukup signifikan adalah layar Retina Display serta konektivitas 4G LTE. "Layar ini adalah fitur yang terkemuka bagi konsumen non techie, demikian juga dengan konektivitas yang cepat. Saya pikir mereka memberi update tambahan yang cukup, " kata Michael Holt, analis di Morningstar.
Namun ada pula yang berpendapat sebaliknya. "Meski hardwarenya meningkat dengan layar retina yang impresif, kamera lebih bagus serta prosesor lebih cepat, masih ada beberapa area yang perlu dikerjakan Apple dalam rangka tetap berada di depan kompetitor," ucap Fred Huet dari Greenwich Consulting yang dikutip Reuters. 

"Kala tablet semakin jamak digunakan untuk konsumsi media personal, memang menjanjikan untuk melihat resoulsi layar lebih baik. Namun apakah ini akan cukup untuk memastikan kepemimpinan kompetitif Apple di pasar? Tidak," imbuh dia. 

Saat ini, kompetitor utama Apple datang dari vendor tablet Android seperti Amazon, Samsung dan Motorola. Dalam presentasinya kala mengenalkan iPad anyar, Tim Cook memperlihatkan tampilan aplikasi di iPad baru lebih baik ketimbang di Galaxy Tab. Sebuah tanda dia memperhitungkan tablet Samsung itu.

Kompetitor lain yang pantas diwaspadai Apple adalah tablet Windows 8 dari Microsoft yang kemungkinan besar meluncur tahun ini. Beberapa pakar menilai Windows 8 adalah ancaman lebih serius ketimbang tablet Android. 

"Secara keseluruhan saya pikir Microsoft akan jadi penantang lebih serius ketimbang Android, karena saya masih belum mengerti apa yang ingin dicapai Google. Fokus mereka adalah di sekitar revenue dari iklan yang membuat mereka kurang memperhatikan perangkat, pengalaman pemakaian," tukas Carolina Milanesi, analis di Gartner. 

Namun Android tetap tak boleh diremehkan, apalagi mereka sudah dominan di pasar smartphone dan berpotensi besar di tablet PC. Terutama tablet Amazon Kindle Fire yang terjual 3,9 juta unit di Amerika Serikat pada kuartal 4 2011, dengan pangsa pasar 14,3%. Kindle Fire sejauh ini adalah pesaing terkuat iPad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar