Semeru Lontarkan Bom Vulkanik Setinggi 400 Meter Sebanyak 7 Kali

\
detik.comLumajang - Aktivitas vulkanik Semeru dalam level siaga masih terus menunjukkan geliatnya. Ini ditandai terjadinya lontaran 'Bom Vulkanik' berupa hembusan asap putih setinggi 400 meter, sebanyak 7 kali. 

Aktivitas itu terpantau dari data pengamatan petugas vulkanologi di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru di Gunung Sawur Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Data vulkanologi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Minggu (26/2/2012) siang, bahwa telah terjadi 7 kali lontaran 'Bom Vulkanik' setinggi 400 meter yang melontarkan asap putih tipis dengan tekanan sedang, selama 24 jam terakhir. 
Kegiatan vulkanik ini terpantau melalui pengamatan visual maupun seismik vulkanologi di Pos PGA Semeru di Gunung Sawur. Data lain terekam cuaca cerah dengan hembusan angin tenang dan suhu 25 derajat celcius. 

Secara keseluruhan selama 24 jam terakhir, sesuai data seismik terjadi 96 kali gempa hembusan, 5 kali gempa guguran, sekali gempa tektonik jauh dan 3 kali gempa termorharmonik. 

"Status Bulkanik Semeru masih tetap pada level Siaga," kata Staf BPBD Kabupaten Lumajang Fauzi kepada detiksurabaya.com.

Pihak BPBD terus melakukan sosialisasi agar warga yang beraktivitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) di kaki Gunung Semeru atau zona berbahaya, tetap waspada. Mengingat belum ada tanda-tanda status akan diturunkan menjadi waspada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar