Depok Gulirkan Kebijakan Sehari Tanpa Nasi


Depok Gulirkan Kebijakan Sehari Tanpa Nasi
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengajak masyarakat untuk menerapkan kebijakan "One Day No Rice" atau satu hari tanpa nasi untuk menjaga ketahanan pangan.

"Kami tidak mengajak tidak makan nasi sepanjang hari, hanya satu hari saja dengan tujuan penganekaragaman pangan dan mengurangi konsumsi beras demi menjaga ketahanan pangan nasional," kata Nur mahmudi di Depok, Jumat.

Wali kota menjelaskan kebijakan tersebut sebenarnya program tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Gubernur Jawa Barat. "Ini program yang strategis dan efektif dalam penganekaragaman pangan, serta dapat menjaga ketahanan pangan nasional," katanya.
Mantan Presiden Partai Keadilan ini mengakui kebijakan tersebut mendapat banyak sorotan dari media massa.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, tidak ada larangan tapi mengimbau mengganti unsur nasi menjadi ubi, singkong, jagung, dan sebagainya.

"Berlatihlan untuk mengurangi konsumsi nasi karena konsumsi beras telah mencapi 130 kg per orang per hari. Semua dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan kita dan mengantisipasi terjadinya inflasi," kata gurbernur yang sedang mengunjungi Kota Depok.

Sebelumnya Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) Bambang Wibawarta menilai kebijakan Pemkot Depok yang menerapkan One Day No Rice atau satu hari tanpa nasi tak akan berjalan efektif.

"Untuk mengubah kebiasaan lama perlu dilakukan persiapan yang matang bukan dengan tiba-tiba," kata Bambang. Ia mengatakan, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam memberikan kebijakan seperti budaya masyarakat setempat, kesiapan sistem dan perangkatnya.

"Seorang pemimpin dalam memberikan kebijakan harus memperhatikan aspek budaya, tidak hanya peraturan semata," katanya. Selain itu, seharusnya dipersiapkan dengan baik segala sesuatunya misalnya pengganti nasi seperti ubi, singkong apakah sudah mudah didapat dan mencukupi untuk dikonsumsi. Begitu juga dengan gizinya apakah sudah diperhitungkan dengan baik.

Pemerintah Kota Depok mulai menerapkan program gerakan "One Day No Rice" (satu hari tanpa nasi) dalam satu minggu di lingkungan pemkot setempat, yakni setiap Selasa.
Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Etty Suryahati atas nama Kepala Bagian Umum Kota Depok Wijayanto menjelaskan selain memberlakukan Program "Satu Hari Tanpa Nasi", juga melakukan gerakan hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar