Semeru Kembali Muntahkan Lava Pijar Sejauh 3 Kilometer

detik.com, Lumajang - Gunung Semeru kembali muntahkan guguran lava pijar. Guguran lava pijar terlihat meluncur sejauh 3 kilometer dari bibir kawah Jonggring Saloko, Minggu (5/2/2012) sekitar pukul 07.35 WIB.

Dari informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, luncuran lava pijar terlihat melalui Daerah Aliran Sungai (DAS) Besuk Lengkong, di Dusun Curah Kobo'an, di wilayah Kecamatan Pronojiwo.

"Saya mendapat informasi jika pagi tadi memang terjadi guguran lava pijar sejauh 3 kilometer. Dan, guguran ini mengarah ke DAS Besuk Lengkong di Dusun Curah Kobo'an," kata Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Rochani, ketika dikonfirmasi detiksurabaya.com.

Untuk memastikan kebenaran kabar tersebut, mantan Kepala Bakesbangpol Linmas Kabupaten Lumajang itu mengaku masih mengecek informasi tersebut ke Pos PGA Semeru di Gunung Sawur. "Saya masih dalam perjalanan ke Pos PGA Gunung Sawur untuk memastikan informasi itu, mas," ujarnya.

Dari data lainnya yang terekam di Kantor BPBD Kabupaten Lumajang melalui pengamatan petugas vulkanologi di Pos PGA Gunung Sawur, sejak pukul 24.00 sampai pukul 06.00 WIB, telah terjadi 6 kali hembusan dan 20 kali guguran. Dan, cuaca saat ini teramati cerah, meski di puncak Gunung Semeru terus tertutup kabut.

Terkait adanya peristiwa guguran lava pijar yang terbaru ini, pihak BPBD Kabupaten Lumajang juga mengimbau agar masyarakat di wilayah Kecamatan Pronojiwo untuk tetap tenang dan tidak panik.

"Masyarakat juga harus mematuhi rekomendasi dari pihak vulkanologi, yakni tidak beraktivitas di radius 4 kilometer dari puncak Semeru, dari zona bahaya I yang berjarak 5 kilometer dari puncak Semeru. Termasuk juga, aktivitas penambangan pasir yang harus dihentikan sementara," tegas Rochani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar